Cara Menangani Audio Dan Video Yang Tidak Sinkron Di Windows

Posted on
Saat audio dan video tidak sinkron, film dan video sungguh sulit untuk ditonton. Berikut cara memperbaiki masalahnya di Windows
Ada beberapa argumentasi mengapa audio dan video Anda tidak sinkron di Windows. Driver audio usang, pengaturan bunyi yang tidak sesuai, atau koneksi internet yang lambat semuanya bisa menjadi penyebabnya. Namun, terkadang tidak ada yang salah dengan komputer atau browser Anda, dan layanan streaming yang Anda gunakanlah yang menimbulkan masalah audio-video.
Namun, untuk hal-hal dalam kendali Anda yang mampu Anda perbaiki, tutorial kami akan memandu Anda melalui kemungkinan solusi Anda.

Coba Solusi Mudah Ini

Sebelum kita masuk ke PC Anda dan mulai mengubah pengaturannya, coba perbaikan cepat dan mudah ini untuk melihat apakah mereka menuntaskan masalah:
  • Hidupkan Kembali komputer Anda. Jika Anda belum mematikan komputer Anda dalam beberapa saat, Anda harus me-restart itu. Dengan cara ini, Anda mengizinkannya untuk menghapus memorinya dan menyelesaikan beberapa proses yang berjalan di latar belakang.
  • Mulai ulang aplikasi. Coba tutup pemutar multimedia dan luncurkan lagi jika Anda menyaksikan audio dan video tidak sinkron. Selain itu, Anda dapat beralih ke program lain.
  • Periksa berapa banyak sumber daya tata cara yang Anda gunakan. Jika Anda mempunyai terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara serentak, hal itu mampu menimbulkan audio dan video menjadi pelan. Buka Task Manager dan periksa penggunaan CPU. Ini lazimnya terjadi dikala Anda menginstal perangkat lunak baru, jadi mungkin lebih baik menanti sampai instalasi simpulan.

Jalankan Pemecah Masalah/Troubleshoot Audio

Windows 10 hadir dengan beberapa alat pemecahan duduk perkara bawaan yang dapat Anda gunakan kapan pun Anda mengalami duduk perkara. Jika audio dan video tidak sinkron, Anda mesti memperlihatkan peluang terhadap pemecah persoalan Playing Audio untuk memperbaikinya. Berikut ialah bagaimana Anda dapat melakukannya:
  • Buka menu Start dan buka Settings.
  • Klik Update & Security > Troubleshoot.
  • Pilih Additional troubleshooter.
  • Klik Playing Audio > Run the troubleshooter.
menguji kecepatan Wi-Fi Anda untuk mengetahui apakah Anda mempunyai koneksi yang cepat dan stabil. Atau, Anda dapat memakai kabel Ethernet.

Gunakan Browser Lain

Perbaikan cepat untuk solusi ini ialah beralih menggunakan browser lain. Terkadang, browser Anda mungkin mengalami dilema alasannya cache sarat . Jadi membersihkan cache mesti memperbaiki problem.

Nonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Terkadang, fitur akselerasi perangkat keras mampu mengakibatkan browser Anda lag, freeze, atau bahkan crash. Mematikannya akan memperbaiki masalah sinkronisasi audio dan video.
Jika browser pilihan Anda adalah Google Chrome, buka chrome://settings/system dan matikan sakelar di sebelah Use hardware acceleration when available.
Jika Anda lebih suka Mozilla Firefox, navigasikan ke about:preferences dan gulir ke bawah ke Performance. Di sana, hapus centang pada opsi Use hardware acceleration when available.
Di Microsoft Edge, buka edge://settings/system dan matikan sakelar di sebelah Use hardware acceleration when available.

Dapatkan Sinkronisasi Audio dan Video

Sekarang Anda tahu cara memperbaiki problem audio dan video yang tidak sinkron. Meskipun mungkin sukar untuk mengidentifikasi penyebab pastinya, dengan sedikit ketekunan Anda akan mengatasinya.
Jika Anda selalu memperbarui komputer dan tidak terlalu ajaib dalam hal mengonfigurasi pengaturan suara, Anda sebaiknya dapat menonton film atau video apa pun tanpa duduk perkara. Juga, koneksi internet yang bagus sungguh menolong.