Apa Arti Directstorage Untuk Gamer Windows 11

Posted on
Windows 11 hadir dengan DirectStorage built-in, tetapi apa itu, dan apa artinya bagi Anda sebagai seorang gamer?
Microsoft telah merilis Windows 11 dengan banyak pembaruan fenomenal. Muncul dengan sajian Start yang didesain ulang dan antarmuka pengguna yang ditingkatkan, namun fitur game barunya yakni peningkatan paling signifikan untuk OS Windows. 
Hasilnya, perubahan ini menjadikan Windows 11 selaku platform game terbaik.
DirectStorage yaitu salah satu fitur utama Windows 11 yang betul-betul mampu mengembangkan permainan Anda. Karena itu, baca terus ketika kami membedah apa itu DirectStorage dan apa artinya bagi para gamer di Windows 11.

Apa itu DirectStorage Windows 11

Microsoft DirectStorage memungkinkan GPU memuat data game dengan segera. Ini dilakukan dengan meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mendekompresi data game antara CPU, RAM, dan GPU.
DirectStorage yaitu API (Application Programming Interface) yang sudah merevolusi cara API game berfungsi secara tradisional.
Sebelum DirectStorage, API akan menyimpan sementara data game terkompresi dalam RAM dan mengirimkannya ke CPU untuk dekompresi. CPU akan mendekompresi data dan mengirimkannya kembali ke RAM. RAM hasilnya akan mengantardata game yang dibutuhkan ke GPU untuk rendering.
Seperti yang mampu Anda tebak, seluruh proses ini menghabiskan waktu yang berguna dan sungguh memengaruhi pengalaman bermain game pengguna. 
Dengan Microsoft DirectStorage, GPU melaksanakan semua kompresi dan dekompresi yang diperlukan sendiri, dengan keterlibatan sekurang-kurangnyadari RAM dan CPU. Tambahkan SSD cepat ke persamaan, dan seluruh proses rendering video game menjadi jauh lebih cepat.

Bagaimana DirectStorage Mempengaruhi Pengalaman Gaming Anda di Windows 11

DirectStorage pertama kali diluncurkan di Xbox Series X/S dan kini telah masuk ke Windows 11.
Setelah Anda mengaktifkan DirectStorage di PC Anda, Anda mungkin akan melihat peningkatan besar dalam pengalaman bermain game Anda. Pada dasarnya, GPU Anda akan menerima data game dengan sangat cepat, dan ini, pada gilirannya, akan memungkinkan Anda untuk mengalami game dengan kecepatan pemuatan secepat kilat. 
Ucapkan selamat tinggal pada layar pemuatan yang sungguh lambat sebab DirectStorage sekarang memaksimalkan bagaimana data video game diproses di Windows 11.
Karena CPU tidak lagi sibuk dengan dekompresi data game, CPU bebas untuk mengatasi proses lain, mirip meningkatkan kinerja Anda dan meningkatkan kecepatan bingkai Anda. Makara tidak cuma game Anda memuat lebih cepat, tetapi gameplay Anda juga akan berlangsung lebih tanpa kendala.
Peningkatan gameplay lain di Windows 11, berkat DirectStorage, yakni kenaikan penampilan gameplay dunia maya dan pop-in tekstur minimal. Ini berarti video game dengan dunia besar dan detail mirip Skyrim akan ditampilkan lebih baik dari sebelumnya di Windows 11.

Apakah PC Windows 11 Anda Kompatibel Dengan DirectStorage

Sementara Windows 11 secara bertahap diluncurkan ke pengguna Microsoft yang menyanggupi syarat secara global, DirectStorage mungkin tidak. Ada serangkaian patokan khusus yang diperlukan untuk mengaktifkan Microsoft DirectStorage di Windows 11.
DirectStorage membutuhkan arsitektur NVMe (Non-Volatile Memory Express) untuk dapat memproses ajakan IO paralel.
Untuk mengaktifkan Microsoft DirectStorage di Windows 11, Anda membutuhkan PC dengan NVMe dan setidaknya PCIe (PCI Express) 3.0 atau lebih tinggi. Sebelumnya, ada standar minimal 1TB NVMe SSD, tetapi tampaknya itu sudah dihapus untuk beberapa waktu.
Anda juga memerlukan DirectX 12 GPU untuk menjalankan video game yang memakai pengontrol NVMe.
Meskipun Microsoft sudah mengaktifkan santunan untuk DirectStorage di Windows 10, akan ada kesenjangan kinerja yang signifikan kalau dibandingkan dengan Windows 11. Batasan ini disebabkan oleh tumpukan OS lama di Windows 10.

DirectStorage Membutuhkan Dukungan Pengembang

Secara teoritis, DirectStorage akan memainkan tugas penting dalam memajukan pengalaman gameplay jutaan pengguna PC, namun pengembang video game tidak sepenuhnya oke. Microsoft mendorong DirectStorage untuk menjadi standar industri, tetapi cuma waktu yang hendak memberitahu kami kapan upaya mereka membuahkan hasil.