6 Cara Memperbaiki Ms Paint Tidak Berfungsi Di Windows

Posted on
Microsoft telah melestarikan MS Paint usang dengan pengenalan Paint 3D. Namun, bahkan dikala ini, beberapa orang jadul masih memakai MS Paint selaku alat pengecatan untuk pekerjaan kecil.
Mengingat bagaimana MS Paint makin tua sekarang, tidak jarang memperoleh bug MS Paint sesekali. Jika alat cat Anda membeku, macet, dan lazimnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda perlu memeriksanya secara menyeluruh.
Karena itu, kami sudah mencantumkan enam perbaikan yang mampu membuat MS Paint aktif dan berjalan kembali.

Jalankan MS Paint Sebagai Administrator

Menjalankan MS Paint sebagai direktur yakni langkah awal untuk menuntaskan persoalan terkait MS Paint. Beberapa file metode menghalangi acara Windows semoga tidak berfungsi dengan benar. Dengan demikian, melaksanakan file sebagai direktur memungkinkannya mengakses file yang biasanya dibatasi.
Akses khusus terkadang bisa berbahaya, utamanya kalau diberikan ke alat pihak ketiga. Namun, alasannya adalah MS Paint yakni alat terintegrasi, memberikannya jalan masuk eksekutif semestinya tidak menjadikan ancaman apa pun.
Buka kotak pencarian Windows dan ketik “Paint” tetapi jangan tekan Enter dahulu. Untuk melakukan MS Paint sebagai direktur, klik kanan pada aplikasi Paint dan pilih Run as eksekutif.
Sekarang periksa apakah aplikasi Paint sudah kembali wajar . Jika tidak, terapkan perbaikan yang lain.

Bersihkan Cache Microsoft Store

Anda mungkin belum pernah membersihkan cache Microsoft Store sebelumnya, pengguna Windows. Entah Anda tidak tahu cara melakukannya, atau prosesnya lebih rumit ketimbang aplikasi dan browser lain. Memiliki tumpukan data yang di-cache di sistem Anda kemungkinan akan mengakibatkan persoalan bagi Anda. Oleh alasannya adalah itu, mari bersihkan cache-nya sebelum menerapkan perbaikan yang lain.
Untuk menghapus cache Microsoft Store, buka perintah Run dengan menekan tombol Windows + R. Kemudian, ketik WSReset.exe dan tekan OK. Anda akan menyaksikan jendela prompt perintah kosong.
Meskipun Anda mungkin melihatnya tidak melakukan apa-apa selama lebih dari lima belas detik, itu akan menghapus cache toko di latar belakang. Ini akan ditutup secara otomatis dalam waktu setengah menit, dan Microsoft Store akan terbuka secara otomatis, mengonfirmasi bahwa pemrosesan prompt perintah telah final.
Proses ini mampu meniadakan cache Microsoft Store dan mengembalikan fungsi normalnya. Jika tidak, Anda mungkin perlu meniadakan cache dari sistem juga untuk mengembalikan aplikasi Microsoft Store ke jalurnya.
Untuk itu, ketik “Command Prompt” di kotak penelusuran Windows dan buka aplikasi Command Prompt. Ketik whoami/user dan tekan Enter. Buat salinan abjad dan angka di bawah SID dan simpan ke komputer Anda.

Selanjutnya, buka Registry Editor dengan mengetikkan Regedit pada perintah Run di Windows. Di sini, navigasikan ke jalur berikut:
Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Appx\AppxAllUserStore
Temukan kunci registri yang mirip dengan yang ada di bawah SID di prompt perintah. Klik pada folder bernama dengan kunci yang sama dan hapus. Anda mesti memutuskan folder yang Anda hapus seperti dengan SID untuk menghindari menambahkan lebih banyak problem ke keranjang Anda.

Hapus Semua Font Baru Yang Anda Instal

Ada banyak jebakan yang terkait dengan mengunduh font dari sumber yang tidak diketahui . Font pihak ketiga dapat mengganggu beberapa aplikasi secara eksklusif dan tidak pribadi. Oleh alasannya itu, kalau Anda gres saja menginstal font gres di metode Anda, fikirkan untuk menghapusnya, khususnya kalau font tersebut bukan dari sumber tepercaya.

Anda dapat mengakses dan menghapus font yang baru diinstal di Windows di sini:
  • Buka aplikasi Settings Windows.
  • Arahkan ke pengaturan Personalization.
  • Di bilah segi kiri, buka Fonts.
  • Klik pada font yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk Uninstall.
Untuk semua font lain yang gres diinstal, ulangi langkah yang serupa satu per satu. Pastikan font yang tertinggal berasal dari sumber tepercaya. Anda mampu mengonfirmasinya dengan menyelidiki rincian perancang font, detail hak cipta dan merek dagang legalnya, serta deskripsi lisensinya.

Jalankan Alat Pemecahan Masalah App Store

Windows memberi pengguna opsi pemecahan dilema otomatis. Apa pun masalah yang Anda hadapi, Windows akan mempunyai beberapa pemecah duduk perkara untuk memperoleh dan memperbaikinya. Sebelum mencoba perbaikan yang kurang menggembirakan seperti mengontrol ulang OS, kerjakan pemecah persoalan untuk Windows App Store sekali.

Untuk melakukannya, buka bilah pencarian Windows dan ketik “Find and fix problems with Windows Store Apps.” Dengan mengklik folder dengan nama yang sama di hasil pencarian, Anda akan membuka jendela pemecahan masalah toko aplikasi.
Segera setelah Anda mengklik Next, pemecah persoalan akan mulai mendeteksi dilema, dan dikala proses berakhir, pemecah duduk perkara akan mengidentifikasi dan memperbaiki masalah internal apa pun dengan App Store.
Lanjutkan dengan perbaikan berikut jika pemecah dilema tidak menyelesaikan dilema Paint Anda.

Jalankan Pemindaian Keamanan Microsoft

Mungkin, malware telah menyusup ke komputer Anda dan mengusik aplikasi dan fitur Windows. Malware jenis ini juga mampu mengganggu fungsionalitas Paint. Meskipun ada ratusan alat untuk memindai tata cara Anda dari virus, kami mengusulkan Microsoft Safety Scanner.
Ini mampu digunakan untuk memperoleh virus dan ancaman tersembunyi dan membatalkan kerusakan yang sudah mereka lakukan. Situs Web Resmi Microsoft menyarankan Anda mengunduh model modern pemindaian setiap kali Anda memindai PC Anda.
Unduh pemindai yang kompatibel dengan tata cara Anda dari Situs Web Resmi Microsoft. Ini memberikan tiga jenis pemindaian yang berlainan, jadi pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Alat ini akan memindai semua file dan menginformasikan Anda jumlah file yang terinfeksi. Anda dapat menghapusnya nanti agar metode Anda tetap berlangsung dengan tanpa gangguan.
Cari tahu lebih lanjut ihwal apa lagi yang dapat dilaksanakan pemindai untuk Anda di blog resmi Microsoft.

Perbarui Paint di Microsoft Store

Terakhir, bila tidak ada yang berhasil, Anda dapat memperbarui aplikasi di Microsoft Store untuk memastikan MS Paint sudah diperbarui. Anda mampu melaksanakan ini dengan mendatangi Microsoft Store dan mengklik tiga titik horizontal di sudut kanan atas. Klik Download and updates dan tekan Get updates. MS Paint akan secara otomatis diperbaharui kalau pembaruan gres tersedia.

Dapatkan MS Paint Kembali Hidup

Perbaikan dalam daftar gampang-mudahan akan menolong Anda membangkitkan kembali alat cat Anda. Jika tampaknya tidak ada yang berhasil, Anda mampu memperbarui sistem operasi atau menertibkan ulang selaku upaya terakhir. Jika itu tidak sukses, Anda tidak mempunyai pilihan selain beralih ke aplikasi pengeditan gambar atau cat yang lain.
Apakah Anda pengguna Windows yang rajin? Jika demikian, cobalah Paint 3D, model baru MS Paint. Ini menawarkan lebih banyak fitur, lebih maju, dan terus diperbarui. Jika Anda belum mencobanya, Anda harus melakukannya.